Senin, 01 September 2014

MOTIVASI CINTA TANAH AIR




“MOTIVASI CINTA INDONESIA”
(Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia)

Dosen Pembibing :
Dra. Suhartiningsih, M.pd.

Disusun Oleh :
Nama               : Yulita Susanti
NIM                : 130210205048
Kelas               : Bahasa Indonesia C


PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2013

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Cinta tanah air mempunyai arti yang sama dengan cinta indonesia. Tanah air merupakan tempat kelahiran atau tanah kelahiran seseorang. Cinta tanah air berarti kita mencintai tanah kelahiran kita.
Pada kenyataannya, cinta tanah air yang dimiliki oleh bangsa Indonesia saat ini memang telah memudar. Hal itu dapat ditunjukan dengan banyaknya produk-produk luar yang menjamur dan dijual bebas di Indonesia, korupsi meraja lela dikalangan pejabat daerah sampai dengan pusat, membuang sampah sembarangan, tidak peduli lingkungan dan masih banyak lagi lainnya.
.Hilangnya jati diri bangsa, kurangnya kepedulian terhadap sesama, kurangnya rasa cinta tanah air lah yang meyebabkan hal itu dapat terjadi. Jika kita sadar akan pentingnya rasa mencintai bangsa ini, maka sudah pasti tidak akan ada yang namanya kerusuhan dimana-mana, kekerasan, dan bahkan penganiayaan.
1.2  RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian motivasi cinta tanah air?
2.      Apa sajakah wujud cinta Indonesia?

1.3  TUJUAN
Menyadarkan warga negara Indonesia akan pentingnya cinta tanah air dan lebih menghargai bangsanya. Serta memberikan dorongan atau motivasi agar dapat menghargai produknya sendiri dari pada produk dari luar.

1.4  SASARAN
Warga negara Indonesia khususnya dikalangan mahasiswa Universitas Jember dan masyarakat disekitar kampus.

BAB 2
ISI
2.1    PENGERTIAN MOTIVASI CINTA TANAH AIR
Motivasi adalah suatu sugesti atau dorongan yang muncul karena diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau dari diri sendiri, dorongan tersebut bermaksud agar orang tersebut menjadi orang yang lebih baik dari yang sebelumnya. Motivasi juga bisa diartikan sebagai sebuah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang.
Berdasarkan uraian diatas motivasi cinta tanah air berarti dorongan yang muncul dari orang lain yang menginspirasi jiwa, atau dorongan yang muncul dari dalam diri kita sendiri. Jika kita bangga menjadi bagian dari negara Indonesia, Kita pasti termotivasi untuk memajukan bangsa ini agar lebih baik lagi.
Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air yaitu 1. Sosialisasi pentingnya rasa cinta tanah air pada keluarga, 2. Menekankan pendidikan nilai karakter cinta tanah air disekolah pada setiap tindakan, 3. Memberikan sosialisasi terhadap masyarakat akan pentangnya cinta tanah air, dan masih banyak lagi contoh lainnya.
2.2 PERILAKU WUJUD CINTA INDONESIA
            Mencintai bangsa dan negara Indonesia bukan hanya diwujutkan dengan melakukan pengibaran bendera merah Putih saat hari Proklamasi saja, melainkan lebih dari itu.
            2.1.1 Bangga sebagai orang Indonesia
Rasa bangga terhadap tanah air Indonesia akan menumbuhkan rasa cinta terhadap indonesia. Jika sudah bangga dan Cinta terhadap bangsa Indonesia maka kita akan berusaha untuk selalu melakukan yang terbaik untuk bangsa ini. Kita akan selalu berusaha untuk menjaga nama baik dan kehormatan bangsa, serta memperjuangkan kelangsunan kemerdekaan Indonesia.
Kebanggaan terhadap bangsa tersebut dapat ditunjukan dengan mengenang jasa-jasa pahlawam yang telah memerdekakan bangsa ini, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta mencintai dan belajar mengenai kebudayaan-kebudayaan yang berada dalam tataran wilayah nusantara ini.
            2.1.2 Memakai produk dalam negeri
Memakai produk dalam negeri berarti kita berusaha untuk mencintai hasil karya orang Indonesia sendiri. Dengan menggunakan produk dalam negeri, kita tidak hanya meningkatkan kreativitas masyarakat Indonesia dalam menciptakan suatu karya yang unik, indah dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, tapi Indonesia mampu membuat suatu kreativitas yang bisa membuat negara Indonesia menjadi lebah baik.
Meningkatkan kualitas produksi dalam negeri menjadikan masyarakat semakin percaya akan kemampuan bangsanya dalam memajukan nilai-nilai ekonomi, sosial dan budaya. Sehingga nilai-nilai tersebut tidak hanya berlaku dalam negeri saja, tapi juga dapat menembus dinia inrernasional.
            2.1.3 Menaati peraturan
Dengan menaati peraturan berarti kita peduli akan kenyamanan dan ketertiban negara Indonesia tercinta ini. Kita seharunya sadar akan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan tersebut. Dan seharunya kita bisa menaatinya. Cara lain yang dapat dilakukan ialah tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan pemerintah, karena jika melanggarnya akan merugikan orang banyak disekelilingnya.
            2.1.4 Mengapresiasikan kebudayaan nusantara
Cara lain sebagai bukti cinta kita terhadap tanah air yaitu mengapresiasikan kebudayaan nusantara, contohnya saja kita dalam bidang kebudayaan seperti kesenian, yang menuntut kita untuk senantiasa menghargai hakikat kebudayaan. Karena kebudayaan Indonesia merupaka hak dan kewajiban yang juga berhubungan dengan nilai-nilai kehidupan lainnya.
Mengapresiasikan kebudayaan juga dapat kita lakukan dengan cara melakukan tindakan seperti melakukan pentas seni daerah, tari tradisional dan lain sebagainya yang berhubungan dengan nilai-nilai kebudayaan yang tidak menyimpang dari norma-norma yang ada.












BAB 3 PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Rasa Cinta tanah air merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menumbuhkan rasa cinta tanah air merupakan wujut cinta kita terhadap bangsa serta dapat mewujudkan cita-cita atapun tujuan bangsa Indonesia.
Dengan menumbuhkan rasa cinta tanah air, maka akan terjadi keharmonisan yang merata disegala bidang, penyelenggaraan pemerintah akan baik, para pengusaha tidak sewenang-wenang dalam mengeksploitasi sumberdaya alam yang ada, dan tentunya menciptakan generasi penerus yang baik.
3.2 SARAN
Kita tidak usah saling mengatur satu sama lain, tetapi evaluasi diri sendiri dan mempunyai keinginan untuk mulai mencintai bangsa Indonesia ini.















DAFTAR RUJUKAN
http://www.anneahira.com/cinta-indonesia.htm Diakses 17 November 2013 jam 18:47  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar